Rabu, 31 Oktober 2012

Nyetting flip flop modem

By Artdhe Gnugroho in AYO BELAJAR LINUX 
Sebenarnya distro keluaran 2010 ke atas udah gampang mengenali berbagai macam modem yang beredar dipasaran, khususnya di indo. Namun masih banyak teman-teman kita yang bingung melakukan konfig modem di mesinnya. Disini saya tidak bermaksud menggurui, hanya sekedar sharing saja kepada teman-teman yang menemui masalah seperti saya O:)

Langsung saja ya, ketika mesin tidak mendeteksi adanya modem (hanya usb-storage), sebaiknya kita cari tahu jenis chip yang digunakan karena pembuat modem/perakit modem membeli chip dari pabrik lain. Dan biasanya meski modem itu berbeda merk/pabrikan, tetapi tetap menggunakan chip dari pabrikan yang sama. Yang harus kita ketahui hanya nomor produk dan vendor yang tertera dari hasil lsusb

Contoh modem saya dari hasil lsusb 05c6:1000 (buatan qualcomm)

Kita edit sudo nano /lib/udev/rules.d/40-usb_modeswitch.rules
lalu kita cari nomor vendor&produk yang sama (seperti gambar dibawah)

lalu kita tambahkan tanda # seperti gambar diatas, simpan.

<! -------------------------------------------------->
Dibawah ini adalah skrip yang belum kita ubah.

# Prolink P2000 CDMA, Samsung SGH-Z810, Older Option devices, Vertex Wireless 100 Series, AnyDATA devices, Bless UC165, Celot CT-680ATTRS{idVendor}=="05c6", ATTRS{idProduct}=="1000", RUN+="usb_modeswitch '%b/%k'"

Setelah dibubuhi "#"

# Prolink P2000 CDMA, Samsung SGH-Z810, Older Option devices, Vertex Wireless 100 Series, AnyDATA devices, Bless UC165, Celot CT-680#ATTRS{idVendor}=="05c6", ATTRS{idProduct}=="1000", RUN+="usb_modeswitch '%b/%k'"

<! -------------------------------------------------->

Setelah itu kita buka disk utility, eject usb-strorage atau melalui command line eject /dev/sr0

Hasilnya modem kita sudah dikenali dan siap digunakan :D selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar